Details, Fiction and terapi akupuntur bogor

Wiki Article



Bila dibandingkan dengan metode pengobatan lainnya, biaya pengobatan akupuntur jauh lebih murah. Hal ini karena hanya menggunakan alat berupa jarum steril yang ditusukkan pada titik tubuh tertentu. Tanpa obat-obatan yang mengandung bahan kimia, ataupun racikan herbal.

Menurut Nationwide Cancer Institute, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan akupuntur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan setelah perawatan kanker.

Para peneliti juga menemukan bahwa pasien pada kedua kelompok terapi akupuntur juga mengalami penurunan rasa sakit dari perawatan, peningkatan kualitas hidup dan penurunan berbagai efek samping dari kemoterapi, seperti mual.

Hal yang perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok dengan pengobatan akupunktur. Jika gejala penyakit yang Anda alami tidak mengalami perubahan setelah beberapa kali menjalani terapi akupunktur, bisa jadi teknik pengobatan ini memang tidak cocok untuk Anda.

Sebelum melakukan terapi akupuntur, ada baiknya juga Anda berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan tentang manfaat dan risiko yang mungkin muncul pada tubuh Anda. Pastikan juga tubuh Anda siap untuk melakukan terapi akupuntur ini.

Layanan akupuntur di klinik ini dapat membantu untuk mengatasi migrain, mengurangi nyeri punggung, dan masih banyak lagi.

Hipertensi merupakan penyebab berbagai penyakit berat dan komplikasi.Penatalaksanaan hipertensi dilakukan secara farmakologis dan non farmakologi sebagai terapi komplementer, diantaranya terapi bekam.Tujuan penelitianuntuk mengetahui pengaruh terapi bekam terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi. Desain penelitian quasi experimental one particular group pre-write-up test pada thirty responden hipertensi yang memenuhi kriteria. Tehnik sampling Consecitive sampling .

Pengidap akan diminta untuk berbaring telentang, depan, atau satu sisi, tergantung di mana jarum akan  ditusukkan. Ahli akupuntur harus menggunakan jarum sekali pakai yang sudah steril. Setiap jarum ditusukkan, pengidap mungkin akan merasakan sensasi menyengat atau kesemutan dalam waktu yang sangat singkat.

Akupunktur   telah   terbukti   secara  ilmiah  efektif   mengatasi  nyeri. Misalnya, nyeri wajah pada neuralgia trigeminal,  nyeri punggung  bawah, nyeri leher, here nyeri haid, nyeri pasca-infeksi herpes, maupun nyeri kronik pada kasus keganasan. Mekanisme kerja akupunktur dalam mengatasi nyeri adalah melalui  penglepasan berbagai senyawa kimiawi  dalam tubuh  di  tingkat lokal yang selanjutnya akan menstimulasi penglepasan neurotransmiter di tingkat segmental di medula spinalis dan sistem saraf pusat di otak untuk mengeluarkan zat opioid  endogen, yaitu beta endorfin  yang merupakan senyawa kimiawi yang diproduksi oleh tubuh sendiri dan berperan penting dalam mengurangi rasa nyeri.

Pengobatan akupuntur biasanya dipakai untuk meredakan rasa sakit pada bagian tubuh dan persendian. Di samping itu, pengobatan ini diklaim mampu meredakan stres. Biarpun banyak manfaatnya, melakukan akupuntur harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman.

Titik-titik akupunktur pada tubuh manusia yang ada sekitar 720 titik, merupakan daerah kulit yang banyak mengandung serabut syaraf. Stimulasi pada titik akupunktur merangsang syaraf di titik tersebut dan mempengaruhi berbagai neurotransmitter sebagai zat kimiawi otak serta mendorong perubahan biofisika.

Analisis tersebut menemukan bahwa pasien yang menggunakan obat-obatan atau perawatan herbal untuk membantu kualitas tidur, dengan menambahkan terapi akupuntur menunjukkan efek yang lebih baik daripada hanya minum obat atau herbal saja.

Studi besar yang dirancang dengan lebih baik diperlukan untuk menguji efek akupunktur bagi penderita skizofrenia secara penuh dan adil.

Temuan ini dapat membantu menjelaskan beberapa efek analgesik yang terlihat dengan terapi akupunktur.

Report this wiki page